SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi pada Perusahaan Sektor Pertambangan Tahun 2014-2017)

Mohammad Samsul Hadi

Abstrak


RINGKASAN.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada krisis ekonomi di tahun 2015, Teori Akuntansi Positif sebagai landasan terjadinya manajemen laba sehingga teori ini, dapat membantu untuk menjelaskan dan memprediksi praktik akuntansi untuk menghadapi kondisi tertentu yang mengakibatkan praktik manajemen laba.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2014-2017 berjumlah 176 perusahaan. sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling  sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 128 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji t dengan batuan program SPSS versi 23. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa varibel leverage yang diukur dengan debt equity of ratio (DER) berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba, dan ukuran perusahaan yang diukur dengan log natural berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba