SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 2 Kediri

Agung Cahyo Gumelar

Abstrak


RINGKASAN.

Cahyo G, Agung. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Etika Profesi Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing, Dr. Suparti, M.P

 

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning

Pembelajaran pada saat ini lebih terpusat terhadap peserta didik yang dituntut aktif di dalam kelas, dimana pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning). Untuk menjadikan pembelajaran terpusat pada peserta didik guru harus mampu merancang  perangkat pembelajaran dengan tepat sesuai dengan kurikulum 2013, namun pada pelaksanaannya masih terdapat kejanggalan dikarenakan kurang optimalnya penerapan perangkat pembelajaran sehingga pembelajaran masih terpusat terhadap guru.  Oleh karena itu, melalui perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning akan menjadikan siswa aktif menemukan pemahaman tentang materi yang diajarkan dengan mandiri dan pembelajaran akan terpusat kepada siswa. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning antara lain 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 2) Bahan Ajar, 3) Media Pembelajaran, dan 4) Evaluasi.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall (2003) yang dimodifikasi menjadi 7 tahapan. Tahapan yang digunakan meliputi (1) Analisis Kebutuhan, (2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk, (4) Revisi Produk, (5) Uji Coba Lapangan Terbatas, (6) Revisi Produk, (7) Produk Akhir. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dan data kualitatif yang diperoleh dari kritikan, saran dan komentar.

Dari hasil penilaian validasi secara keseluruhan diperoleh rata-rata perangkat pembelajaran dapat dikatakan valid. sehingga dapat disimpulkan  bahwa perangkat pembelajaran berbasis problem based learning pada mata pelajaran etika profesi kelas X Akuntansi di SMK  ini layak digunakan dalam pembelajaran dikelas. Dalam penelitian ini produk hanya untuk materi etika profesi dengan kompetensi dasar genap, diharapkan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan produk dengan kompetensi dasar ganjil dan genap.