SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2014-2015

Armi Okta Suryandari

Abstrak


RINGKASAN.

Suryandari, Armi Okta 2018. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2015. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Program Studi S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Ika Putri Larasati, S.E, M. com.

 

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Sekretaris Perusahaan, Direksi Independen, Komisaris Independen, Komite Audit, Return Saham

Return saham merupakan penghasilan yang diterima dari suatu investasi ditambah dengan perubahan harga pasar, yang biasanya dinyatakan sebagai persentase harga pasar awal dari investasi tersebut. Beberapa faktor yang mempengaruhi return saham adalah corporate social responsibility disclosure, sekretaris perusahaan, direksi independen, komisaris independen dan komite audit.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility disclosure, sekretaris perusahaan, direksi independen, komisaris independen dan komite audit pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2014-2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory. Perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2015 dengan teknik purposive sampling diperoleh sampel penelitian sebanyak 106 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) CSR Disclosure tidak berpengaruh terhadap return saham, (2) Sekretaris perusahaan berpengaruh positif terhadap return saham, (3) Direksi independen berpengaruh positif terhadap return saham, (4) Komisaris independen berpengaruh positifterhadap return saham dan Komite audit berpengaruh positifterhadap return saham. Nilai R Square atau koefisien determinasi adalah sebesar 0,229 yang dapat ditafsirkan bahwa variabel independen CSR disclosure, sekretaris perusahaan, direksi independen, komisaris independen dan komite audit memiliki pengaruh kontribusi sebesar 22,9% terhadap variabel dependen return saham. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah penelitian ini hanya menggunakan corporate social responsibility disclosure, sekretaris perusahaan, direksi independen, komisaris independen dan komite audit sebagai variabel dependen, dimana terdapat variabel lain yang berpotensi mempengaruhi hasil penelitian ini seperti perilaku investor, dimana perilaku investor sangat mendukung kondisi return saham.