SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Komputer Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Melalui Lectora Inspire Pada Akuntansi Perusahaan Dagang

Masrifah Dwi Mulyanti

Abstrak


RINGKASAN.

Mulyanti, Masrifah Dwi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Komputer Akuntansi Berbasis Multimedia Interaktif Melalui Lectora Inspire Pada Akuntansi Perusahaan Dagang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Komputer Akuntansi, dan Lectora Inspire

Pesatnya kemajuan teknologi dan informasi yang terus menciptakan berbagai inovasi memberikan dampak yang signifikan dalam berbagai bidang. Dalam bidang pendidikan, teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Dengan adanya fasilitas sekolah yang memadai di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran dapat dimaksimalkan untuk menunjang proses belajar mengajar. Multimedia interaktif merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membantu penyampaian materi, meningkatkan motivasi belajar, dan memfasilitasi siswa agar dapat belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran komputer akuntansi berbasis multimedia interaktif melalui lectora inspire pada akuntansi perusahaan dagang untuk kelas XI Akuntansi serta untuk menguji kelayakan media pembelajaran komputer akuntansi berbasis multimedia interaktif yang telah dihasilkan.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan media diadaptasi dari model Borg and Gall yang telah dimodifikasi, terdiri dari 8 tahapan, yaitu 1) Pengumpulan Data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Draft Produk, 4) Uji Coba Lapangan Awal, 5) Revisi Produk I, 6) Uji Coba Lapangan, 7) Revisi Produk II, 8) Produk Akhir. Uji kelayakan media dilakukan oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, dan 39 siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran komputer akuntansi berbasis multimedia interaktif melalui lectora inspire berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli materi termasuk dalam kategori “Sangat Layak” yang berarti materi dapat digunakan dalam pembelajaran, ahli media termasuk dalam kategori “Sangat Layak” yang berarti media memiliki tampilan yang menarik dan interaktif, dan pengguna (siswa) termasuk dalam kategori “Sangat Layak” yang berarti media pembelajaran dapat menarik perhatian siswa dalam belajar.

Dapat disimpulkan media pembelajaran komputer akuntansi berbasis multimedia interaktif melalui lectora inspire ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran komputer akuntansi perusahaan dagang. Pemanfaatan multimedia interaktif yang dikemas dalam CD dapat dioperasikan menggunakan komputer atau laptop. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah media pembelajaran perlu dikembangkan ke dalam sistem android agar lebih mudah diakses oleh siswa.