SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Memilih Karir sebagai Akuntan Publik (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014-2016)

Tutus Wulantika

Abstrak


RINGKASAN.

Wulantika, Tutus. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Memilih Karir sebagai Akuntan Publik (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang Angkatan 2014-2016). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: Bety Nur Achadiyah, S.Pd, M.Sc.

 

Kata Kunci: Penghargaan Finansial, Pengakuan Profesional, Lingkungan Kerja, Nilai Intrinsik Pekerjaan, Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dalam memilih karir sebagai akuntan publik oleh fresh graduate/mahasiswa akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penghargaan finansial, pengakuan profesional, lingkungan kerja, dan nilai intrinsik pekerjaan terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi prodi S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 88 responden. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis linier berganda, koefisien determinasi (R2), Uji F, dan Uji t.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penghargaan finansial, pengakuan profesional, dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik. Sedangkan nilai intrinsik pekerjaan tidak berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik.