SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Aktivitas dan Akuntansi Corporate Social Responsibility PT Anugerah Perkasa

Fajar Mauludi

Abstrak


RINGKASAN.

Mauludi, Fajar. 2018. Aktivitas dan Akuntansi Corporate Social Responsibility pada PT Anugerah Perkasa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility. Stakeholder, Legitimasi.

Corporate Social Responsibility merupakan peningkatan kualitas kehidupan mempunyai arti adanya kemampuan manusia sebagai individu anggota masyarakat untuk dapat menanggapi keadaan sosial yang ada, dan dapat menikmati serta memanfaatkan lingkungan hidup termasuk perubahan-perubahan yang ada sekaligus memelihara. Tanggung jawab perusahaan secara sosial tidak hanya terbatas pada konsep pemberian donor saja, tapi konsepnya sangat luas dan tidak bersifat statis dan pasif, hanya dikeluarkan dari perusahaan, akan tetapi hak dan kewajiban yang dimiliki bersama antara stakeholders.

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui aktivitas-aktivitas Corporate Social Responsibility yang dilaksanakan oleh perusahaan berdasarkan bidang lingkungan, sosial, pendidikan, ekonomi, dan agama serta untuk mengetahui pengukuran dan penyajian atas program Corporate Social Responsibility tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bermaksud menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di suatu lapangan agar dapat dilihat dari berbagai sisi sehingga menghasilkan sebuah solusi atas peristiwa tersebut.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh PT Anugerah Perkasa untuk bidang lingkungan bersifat defensif, untuk bidang sosial bersifat akomodatif, untuk bidang pendidikan bersifat pencitraan kemudian untuk bidang ekonomi bersifat kepentingan semu dan yang terakhir yaitu bidang keagamaan bersifat dominasi pimpinan. Pengukuran dan penyajian program Corporate Social Responsibility PT Anugerah Perkasa dapat menerapkan metode social program yang diusulkan oleh Parker.