SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Overconfidence, Conservatism Bias, dan Anchoring and Adjustment terhadap Pengambilan Keputusan Investasi yang Irasional

Diwangkara Ayu Kelana Putri

Abstrak


RINGKASAN.

Dalam suatu kegiatan investasi terkadang dapat menimbulkan kesalahan dalam proses mempersepsikan informasi yang terkait dengan investasi. Seorang investor harus memperhitungkan keputusan investasi untuk mengurangi resiko. Tetapi dalam prakteknya, pasti ada aspek psikologis yang disebut studi behavioral finance yang membuat pengambilan keputusan seorang investor kurang rasional.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh overconfidence, conservatism bias, dan anchoring and adjustment terhadap pengambilan keputusan investasi yang irasional. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari jawaban kuesioner online. Adapun analisis data yang digunakan ialah regresi linier berganda dengan teknik pengambilan sampel yakni simple random sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa overconfidence dan anchoring and adjustment berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan investasi yang irasional. Sedangkan conservatism bias tidak berpengaruh terhadap pengambilan keputusan investasi yang irasional.