SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kreativitas Belajar dan Kecerdasan Verbal Linguistik Siswa Kelas XI Akuntansi 1 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here di SMKN 2 Kediri

cahyaino

Abstrak


RINGKASAN.

Cahyaino. 2018. Peningkatan Kreativitas Belajar dan Kecerdasan Verbal Linguistik Siswa Kelas XI Akuntansi 1Melalui Penerapan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here di SMKN 2 Kediri. Skripsi Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E, M.A, M.M., Ak

 

Kata Kunci: Everyone is a Teacher Here, Kretivitas Belajar, Kecerdasan Verbal Lingusitik

Tujuan penelitian ini untuk mendistripsikan bagaimana penerpan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan Kreativitas Belajar dan Kecerdasan Verbal Linguistik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 SMKN 2 Kediri sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara untuk mengetahui peningkatan kreativitas belajar dan kecerdasan verbal linguistik siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar catatan lapangan dan lembar observasi. Catatan lapangan ini digunakan untuk mencatat semua kejadian dalam kelas selama proses penelitian berlangsung. Sedangkan lembar observasi untuk mencatat kegiatan siswa yang berkaitan dengan kretivitas belajar dan kecerdasan verbal linguistik. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan hasil pada siklus I dan siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan kreativitas belajar dan kecerdasan verbal linguistik siswa kelas XI Akuntansi 1 SMKN 2 Kediri. Peningkatan ini terlihat saat analisis kreativitasbelajar dan kecerdasan verbal linguistik pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I terlihat siswa masih malu berpendapat, kesulitan dalam membuat pertanyaan, dan kurangnya pemanfaatan fasilitas belajar. Sedangkan pada siklus II krativitas belajar dan kecerdasan verbal linguistik tercapai secara optimal. Hal ini ditunjukan dengan permasalahan yang dihadapi dalam siklus I dapat diminimalisir pada siklus II.

Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan kepada guru dapat menerapkan, memberi panduan, dan mengembangkan model pembelajaranEveryone is a Teacher Here. Khususnya pada materi ajar akuntansi atau materi pembelajaran yang lain. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian tentang Everyone is a Teacher Here dengan inovasi  yang berbeda.