SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Karyawan Tentang Sarana Pendukung Dan Keamanan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Terhadap Kinerja Karyawan

Resty Lestari

Abstrak


RINGKASAN.

Persepsi merupakan proses yang didahului penginderaan, yaitu diterimanya stimulus oleh individu melalui alat reseptornya merupakan suatu hal yang bisa mempengaruhi sikap, dan sikap menjadi penentu penting dalam perilaku manusia. Sikap menjadi sudut pandang utama dalam proses menentukan perilaku manusia, karena sikap mempunyai tiga komponen: kognitif, afektif, dan konatif. Sebuah sistem informasi akuntansi berperan banyak dalam kegiatan operasional perusahaan yang mempunyai subsistem untuk  menjalankan fungsi khusus yang berguna dalam menopang sistem pusat diperusahan. Hal ini juga berdampak pada hasil kinerja karyawan sebuah perusahaan karena individu atau seorang karyawan perusahaan adalah sebuah mesin penggerak organisasi atau dapat dikatakan juga bahwa individu yang ada dalam perusahaan merupakan sumber daya terpenting bagi setiap organisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi pada karyawan CV. Aneka Grafika yang berlokasi di Malang dalam hal sistem informasi akuntansi mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan dengan melihat pentingnya sistem informasi akuntansi diperusahaan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 orang dengan menggunakan metode survei dengan menyebar kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden. Teknis analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi karyawan tentang sarana pendukung dan keamanan sistem informasi akuntansi mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja karyawan CV. Aneka Grafika sebagai perusahaan yang bergerak di bidang percetakan. Sehingga penelitian ini membuktikan bahwa pentingnya pengguna sistem informasi akuntansi di perusahaan, sehingga hal tersebut dapat menambah hasil kinerja karyawan perusahaan.