SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visul (Lagu Akuntansi) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Untuk Siswa SMK Kelas X

Chamim Irfan Azizi

Abstrak


RINGKASAN.

Azizi, Chamim Irfan. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual (Lagu Akuntansi) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Untuk Siswa SMK Kelas X. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd, M.M.

 

Kata Kunci: Lagu Akuntansi, Mata Pelajaran Akuntansi Dasar

Penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi dan menarik, membuat pembelajaran menjadi kurang maksimal, yaitu membuat peserta didik kurang termotivasi, serta merasa bosan mengikuti pembelajaran sehingga berdampak kepada nilai peserta didik yang kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang lebihmenarikdanbervariasi. Dengan berdasar hal tersebut, maka dibuatlah media pembelajaran audio visual lagu akuntansi pada matapelajaran Akuntansi Dasar kelas X SMK.

Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan Borg and Gall (1983) untuk disesuaikan dengan pengembangan yang dilakukan, yang meliputi pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk, uji coba lapangan awal (validasi ahli), revisi I, uji coba pengguna terbatas, revisi II, dan produk akhir.

Validasi ahli dilakukan oleh ahli materi ,ahli media, dan pengguna terbatas. Media lagu akuntansi ini menurut ahli media sudah layak digunakan dalam pembelajaran, serta dapat menarik keingintahuan siswa dan bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. Menurut ahli materi media lagu akuntansi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan sudah layak digunakan. Selain itu, media lagu akuntansi terbukti bisa meningkatkan hasil belaja siswa, karena lagu akuntansi ini dapat memudahkan siswa dalam memahami materi, dan juga dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa media lagu akuntansi ini sudah layak, menarik, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Lagu akuntansi ini juga terdapat keterbatasan yaitu, materi yang termuat dalam media lagu akuntansi hanya terbatas pada materi akuntansi dasar semester ganjil, hanya memuat materi dasar/ringan dari keseluruhan materi akuntansi. Saran lebih lanjut untuk penelitian dan pengembangan ini adalah penggunaan lebih banyak pengisi vokal agar mengurangi tingkat kebosanan peserta didik, visualisasi lagu lebih bervariasi, kembangkan pada materi lain.