SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KREDIT BERMASALAH, RENTABILITAS, DAN PERMODALAN TERHADAP PROFITABILITAS MELALUI LIKUIDITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH DI INDONESIA

Defiana Putri Setiono

Abstrak


RINGKASAN.

Setiono, Defiana Putri. 2018. Pengaruh Kredit Bermasalah, Rentabilitas dan Permodalan terhadap Profitabilitas melalui Likuiditas sebagai Variabel Intervening pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak, CA

 

Bank Pembangunan Daerah merupakan lembaga keuangan milik pemerintah Indonesia yang terdapat di daerah tingkat I dan II pada masing-masing propinsi yang menjalankan kegiatan operasionalnya secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip Syariah. Pembiayaan merupakan salah satu kegiatan utama bisnis perbankan dengan menggunakan dana yang telah dihimpun dari masyarakat. Pembiayaan yang efektif akan meningkatkan profitabilitas bank tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kredit bermasalah, rentabilitas dan permodalan terhadap profitabilitas melalui likuiditas sebagai variabel intervening pada Bank Pembangunan Daerah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 26 Bank Pembangunan Daerah di Indonesia dengan populasi yang digunakan laporan keuangan tahunan seluruh Bank Pembangunan Daerah di Indonesia periode 2015-2017, sehingga jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 78 laporan keuangan tahunan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga sampel yang diperoleh adalah 74 laporan keuangan tahunan Bank Pembangunan Daerah dengan periode penelitian 3 tahun (2015-2017). Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan tahunan masing-masing Bank Pembangunan Daerah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kredit bermasalah berpengaruh negatif terhadap profitabilitas, (2) rentabilitas berpengaruh positif terhadap profitabilitas, (3) permodalan berpengaruh positif terhadap profitabilitas, (4) likuiditas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, (5) kredit bermasalah tidak berpengaruh terhadap likuiditas, (6) rentabilitas tidak berpengaruh terhadap likuiditas, (7) permodalan tidak berpengaruh terhadap likuiditas, (8) kredit bermasalah tidak berpengaruh terhadap profitabilitas melalui likuiditas, (9) rentabilitas tidak berpengaruh terhadap profitabilitas melalui likuiditas, (10) permodalan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas melalui likuiditas. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk penelitian selanjutnya menggunakan profitabilitas yang diproksikan dengan ROE sehingga dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai pengaruh rasio keuangan bank terhadap profitabilitas.