SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Good Corporate Governance dan Praktik Perataan Laba terhadap Return Saham (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI dan CGPI Periode 2014-2016)

Dyah Kusuma Wardhani

Abstrak


RINGKASAN.

Latar belakang penelitian ini adanya kasus kesalahan pengelolaan dana pada perusahaan Bumiputera. Bumiputera masuk dalam pengawasan OJK karena terdapat pengelolaan dana yang tidak wajar dengan ketidak seimbangan jumlah asset dan utang. Karena kesulitan tersebut, Bumiputera terancam bangkrut. Peluang kebangkrutan menjadi lebih besar apabila penyelenggara tidak didasarkan pada tata kelola yang baik. Hal tersebut juga membuat Bumiputera kesulitan mendapatkan dana untuk bangkit kembali karena citra buruk yang diberikan. Berdasarkan kasus tersebut, peneliti ingin meneliti hal apa saja yang dapat mempengaruhi return.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah terdapat pengaruh antara good corporate governance dan praktik perataan laba dengan return saham pada perusahaan yang terdaftar pada BEI dan CGPI. Sampel terdiri dari perusahaan perbankan dan non perbankan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling dan menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa good corporate governance dengan mekanisme kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit serta variabel perataan laba tidak mempengaruhi return saham.  Namun mekanisme komisaris independen dalam good corporate governance mempengaruhi tingkat return saham investor. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat faktor-faktor lain yang memberikan pengaruh cukup besar terhadap return saham investor seperti profitabilitas dan market share.