SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPUTUSAN PENDANAAN, KEPUTUSAN INVESTASI, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN SALES GROWTH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017

Almaas Hillary Camillia

Abstrak


RINGKASAN.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan pendanaan, keputusan investasi, kebijakan dividen, dan sales growth terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 17 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pendanaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, keputusan investasi berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan sales growth berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Hasil uji koefisien determinasi (R2) pada penelitian ini diperoleh nilai sebesar 0.587. Hal ini menunjukkan bahwa nilai perusahaan dipengaruhi oleh keputusan pendanaan, keputusan investasi, kebijakan dividen, dan sales growth sebesar 58,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.