SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kompetensi Auditor Internal Pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang: Perspektif Institutional Theory.

Enin Widiastutik

Abstrak


RINGKASAN.

Widiastutik, Enin. 2018. Kompetensi Auditor Internal Pada Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang: Perspektif Institutional Theory. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Helianti Utami, S.E., M.Si., Ak., Ph.D.

 

Kata Kunci: Kompetensi Auditor Internal, Institutional Theory, Perguruan Tinggi

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kompetensi auditor internal di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi auditor internal terbentuk dengan adanya lingkungan institusional yang terdiri atas  coercive, mimetic, dan normative di Polkesma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menitikberatkan pada studi kasus. Subjek penelitian adalah auditor internal yakni (kepala SPI, sekretaris SPI dan 2 anggota auditor internal) di Polkesma. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data penelitian yakni dengan mereduksi data, menyajikan data, serta memverifikasi dan merumuskan simpulan hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yakni triangulasi data dan triangulasi metodologi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktik auditor internal dalam hal kompetensi auditor internal dominan terbentuk karena coercive. Hal ini dapat dilihat dari kinerja auditor internal Polkesma dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang diberikan oleh institusi pendidikan banyak mengacu pada regulasi. Auditor Polkesma dalam menjalankan fungsinya sebagai auditor internal di lingkungan Polkesma telah sesuai dengan SPI Charter sebagai manual mutu. Namun, penggalian lebih mendalam terhadap informan menemukan bahwa tidak semua auditor faham dengan standar audit. Kompetensi auditor internal Polkesma bukan hanya diperoleh melalui pengetahuan dan pelaksanaan aturan yang telah mengatur sistem kerja mereka akan tetapi juga diperkuat melalui praktik budaya saling membantu dimana yang faham dan kompeten di bidangnya akan membantu auditor lainnya.