SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Environmental Accounting: Responsibility atau Branding?

Eka Rofida

Abstrak


RINGKASAN.

Rofida, Eka. 2018. Environmental Accounting: Responsibility atau Branding?. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ani Wilujeng Suryani, S.E., M.ActgFin, Ph.D.

 

Berdasarkan teori institusional baru, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan environmental accounting. Penelitian ini menganalisis sustainability report dan annual report dari 43 perusahaan manufaktur di Indonesia selama periode 2010 sampai 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap environmental accounting. Namun, kepemilikan publik tidak berpengaruh terhadap environmental accounting. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa kekuatan masyarakat belum bisa mendorong perusahaan untuk menerapkan environmental accounting, namun perusahaan menerapkan environmental accounting untuk mempertahankan reputasi dan citra baiknya. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah agar memperketat regulasi terkait operasi perusahaan terhadap lingkungan, serta memberi penghargaan terhadap perusahaan yang berhasil dalam penerapan environmental accounting.

Kata Kunci: Environmental Accounting, Branding, Responsibility, Kepemilikan Publik, Citra Perusahaan