SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keberadaan Guru PPL terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 6 Malang

KHAIRUL UMAM

Abstrak


ABSTRAK

 

Umam, Khairul. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keberadaan Guru PPL terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Bambang Sugeng, S.E., Ak. M.A., M.M. (2) Helianti Utami, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci: Persepsi, PPL, motivasi belajar.

 

Persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL adalah proses penilaian atau cara pandang siswa mengenai keberadaan guru PPL di sekolah mereka yang meliputi persepsi tentang sikap dan praktik mengajar guru PPL di dalam kelas. Sedangkan motivasi belajar siswa merupakan keseluruhan daya pendorong atau penggerak psikis di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar demi tercapainya suatu tujuan. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 6 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner (angket). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 38 responden. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 6 Malang. Semakin baik persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. Dan sebaliknya apabila persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL kurang baik, maka motivasi belajar siswa akan kurang baik juga selama proses belajar mengajar di kelas bersama guru PPL. Implikasi hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang keberadaan guru PPL terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 6 Malang.

Saran yang diberikan yaitu: (1) bagi pihak sekolah hendaknya lebih membimbing dan membina guru-guru PPL, karena hal tersebut berpengaruh pada motivasi belajar siswa. (2) bagi mahasiswa (guru PPL) hendaknya meningkatkan kemampuan mengajar dan faktor-faktor lainnya agar siswa lebih termotivasi untuk belajar dan tidak cepat merasa jenuh dengan mata pelajaran yang dihadapinya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. (3) bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis, hendaknya hasil penelitian lebih dikembangkan mengingat keterbatasan dalam penelitian ini, dengan mengembangkan indikator dan teknik pengumpulan data sehingga variabel-variabel dapat diukur lebih luas.