SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akuntansi Berbasis Inquiry Learning Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di SMK Islam Batu

Cahyaning Novita Sari

Abstrak


RINGKASAN.

Di SMK Islam Batu sudah menjalankan kurikulum 2013 revisi 2017 tetapi dalam proses pembelajaran akuntansi dasar guru masih menggunakan model pembelajaran yang terpusat pada guru yaitu dengan ceramah. Bahan ajar yang digunakan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan peserta didik dan guru masih belum menggunakan media pembelajaran disamping itu evaluasi yang diberikan masih dengan mengerjakan latihan soal yang ada di buku. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis Inquiry Learning Terbimbing yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran, dan evaluasi pada mata pelajaran akuntansi dasar materi menyusun laporan keuangan.

Penelitian ini merupakan penelitian & pengembangan (Research & Development yang mengadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall (2003) yang telah dimodifikasi. Tahap yang dilakukan dimulai dari tahap analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi produk, revisi produk, uji coba lapangan terbatas, revisi produk, produk akhir. Validasi dilakuakan oleh ahli materi, ahli media, ahli perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan diuji cobakan pada guru akuntansi SMK Islam Batu dan 33 peserta didik kelas XI Akuntansi di SMK Islam Batu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis Inquiry Learning Terbimbing berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh nilai 88% dengan kriteria “valid/layak”, 2) Ahli perangkat diperoleh nilai 81% dengan kriteria “valid/layak”, 3) Ahli media diperoleh nilai 97% dengan kriteria “valid/layak”. Dan dilakukan uji coba terbatas kepada guru  dan peserta didik dengan perolehan nilai masing-masing 91% dan 87,85% dengan kriteria “valid/layak”. Selain itu tes pretest dan posttest yang dilakukan juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran akuntansi berbasis Inquiry Learning Terbimbing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan mampu mengarahkan peserta didik dalam menemukan konsep secara mandiri. Konsep yang dimaksud adalah peserta didik mampu menemukan karakteristik laporan keuangan dari laporan keuangan perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah mengembangkan produk dengan materi lain dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan sampai pada uji coba skala yang luas.