SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Model Pembelajaran Dengan Pendelakatan Saintifik Kurikulum 2013 Revisi di Kelas XI Akuntansi SMK Islam Batu

Rizki Pranita Yustyas

Abstrak


RINGKASAN.

Model pembelajaran diperlukan untuk membuat proses pembelajaraan didalam kelas berjalan dengan baik. Akan tetapi saat ini masih ada sekolah yang belum menerapkan kurikulum 2013 revisi secara keseluruhan. Pada dasarnya, penerapan model dengan pendekatan saintifik tidaklah mudah sehingga terjadi beberapa kendala dalam penerapannya. Diantaranya adalah banyak guru yang masih terpaku dengan model dan metode pembelajaran yang lama yaitu dengan ceramah atau demonstrasi dan pemberian tugas. Dalam hal ini, guru lebih dominan di dalam kelas sehingga kegiatan pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pada penelitian ini membahas mengenai penerapan model pembelajaran dengan pendekatan saitifik mulai dari perencanaan pembelajaran hingga penerapan didalam kelas. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada informan yang telah dipilih yaitu dua guru produktif mata pelajaran akuntansi. Aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus hingga tuntas, sampai datanya jenuh. Pengecekan keabsahan data dilakukan memalui triangulasi data dengan menggunakan triangulasi teknik.

Kondisi dan karekter peserta didik yang mempengaruhi sulitnya penerapan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik didalam kelas dan kurangnya pemahaman guru terhadap penerapan model pembelajaran. Siswa terbiasa dengan model pembelajaran yang lama yaitu ceramah atau demonstrasi dan penugasan. Sebaiknya guru perlahan menerapkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik sesuai dengan ketetapan kurikulum dan pemerintah. Hal tersebut akan membuat siswa terbiasa dengan model pembelajaran yang menuntut mereka untuk aktif dan mandiri.