SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen

Rosana Retno Wulandari

Abstrak


RINGKASAN.

Perangkat pembelajaran yang digunakan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen belum mendukung untuk tercapainya hasil dan tujuan pembelajaran siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) masih belum mencerminkan kebutuhan siswa dilihat dari scenario pembelajaran yang masih berpusat pada guru, bahan ajar yang digunakan masih sangat minim dikarenakan keterbatasan buku yang dimiliki, media pembelajaran belum sepenuhnya menarik minat siswa untuk belajar, alat evaluasi yang digunakan juga masih seadanya berbekal dari pengetahuan guru saja. Hal ini meyebabkan kebanyakan siswa cepat merasa bosan dan tidak focus saat proses pembelajaran berlangsung yang menyebabkan hasil belajar mereka menurun. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis Inkuiri Terbimbing yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran dan evaluasi pada materi uang.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE oleh Branch (dalam I Made Tegeh, 2009). Tahap yang dilakukan adalah tahap analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation) dan yang terakhir adalah tahap evaluasi (Evaluation). Subjek dalam penelitian ini meliputi 3 validator, yaitu ahli media pembelajaran, ahli materi, dan ahli perangkat pembelajaran serta dilakukan uji coba terbatas kepada 34 siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran inkuiri terbimbing ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan oleh para validator. Penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menunjukkan pembelajaran dikelas berjalan sesuai sintak pembelajaran inkuiri dan pembelajaran lebih terarah, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penggunaan media pembelajaran juga dapat membangunkan semangat dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Selain itu tes pretest dan posttest yang dilakukan juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Inkuiri Terbimbing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan meningkatnya hasil belajar yang diperoleh. Dengan demikian dapat disimpulkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri  terbimbing sangat layak serta efektif dan efisien untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi uang. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah dalam pengembangan produk perangkat pembelajaran, lebih baik mengkaji lebih dalam pada silabus terlebih dahulu dan uji coba lapangan hendaknya melibatkan responden yang lebih banyak lagi agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan siswa.