SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inquiry Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Smk Cendika Bangsa Kabupaten Malang

Zara Nita Safitri

Abstrak


RINGKASAN.

Safitri, Zara Nita. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inquiry Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Smk Cendika Bangsa Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

 

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Inquiry, Lembaga Keuangan

Perangkat pembelajaran ekonomi dan bisnis yang digunakan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen diketahui belum menerapkan tuntutan kurikulum 2013. Kondisi ini dapat dilihat dari berbagai macam factor, yaitu masih dominannya peran guru dalam kelas. Faktor lain berupa sarana TIK yang ada masih belum memadai, selain itu proyektor yang tersedia hanya ada 2. Serta buku yang digunakan hanya ada di perpustakaan sekolah. Sehingga siswa tidak memiliki pegangan untuk mempelajari materi di rumah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dikembangkan perangkat pembelajaran ekonomi dan bisnis yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar (Handout), media pembelajaran dan evaluasi pada materi lembaga keuangan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall tahun 2003 dalam Sugiyono tahun 2013. Tahap yang dilakukan adalah analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi produk, uji coba lapangan terbatas, revisi uji coba lapangan terbatas, uji coba lapangan, dan produk akhir. Subjek coba pada penelitian ini adalah tim ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media dan ahli pendidikan serta sasaran pemakaian produk ini adalah guru mata pelajaran dan siswa kelas X Akuntansi di SMK Cendika Bangsa Kepanjen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Inquiry terbimbing ini dinyatakan sangat layak digunakan oleh para validator. Penerapan RPP menunjukkan pembelajaran di kelas berjalan sesuai sintaks pembelajaran inquiry dan pembelajaran lebih terarah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penggunaan media pembelajaran juga dapat membangun semangat dan motivasi belajar siswa, namun ada beberapa siswa yang masih kebingungan dengan materi yang disajikan didalam media pembelajaran. Sehingga dengan adanya bahan ajar berupa Handout, siswa dapat mengerti materi lembaga keuangan yang harus mereka pelajari. Selain itu pretest dan posttest yang dilakukan juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Inquiry memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan perangkat pembelajaran berbasis Inquiry terbimbing sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi lembaga keuangan. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah pada saat melaksanakan uji coba lapangan hendaknya peneliti melakukan pre-test dan post-test agar mendapatkan data yang lengkap untuk mengukur tingkat keefektifan perangkat pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.