SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kemampuan Dasar Mengajar Guru Akuntansi dan Sarana Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi

Moch. Nur Habibillah

Abstrak


RINGKASAN.

Habibillah, Moch. Nur. 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Dasar Mengajar Guru Akuntansi dan Sarana Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak, CA.

 

Kata Kunci : Persepsi, Kemampuan Dasar Mengajar, Sarana Belajar, Hasil.

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis adanya pengaruh kemampuan dasar mengajar guru dan sarana belajar terhadap hasil belajar siswa kelas 10 program keahlian akuntansi SMK Negeri 2 Kediri.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian uji hipotesis atau penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini sebanyak 177 siswa dan jumlah sampel sebanyak 123 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Langkah untuk memperoleh kesimpulan yang tepat dalam penelitian kuantitatif adalah dengan pengujian analisis data menggunakan uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis pengujian koefisisen regresi secara simultan bahwa kemampuan dasar mengajar guru dan sarana belajar secara simultan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Pada analisis pengujian koefesien regresi secara parsial juga tidak terdapat pengaruh yang signifikan.