SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG MALANG MARTADINATA

IKA YANINGTIAS

Abstrak


ABSTRAK

 

Yaningtias, Ika. 2010. Analisis Sistem dan prosedur Pemberian Kredit Modal Kerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Martadinata. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: DR. Dyah Aju Wardhani, S.E.,M.Si.,Ak.

 

Kata Kunci: Sistem, Prosedur, Kredit Modal Kerja.

 

Seiring dengan kehidupan ekonomi dan perdagangan yang semakin berkembang, bank mempunyai peranan penting dalam melaksanakan distribusi, selain itu bank juga berperan sebagai lembaga intermediasi antara pihak yang memakai dana dengan pihak yang membutuhkan dana. Bank memegang fungsi sebagai perantara keuangan dalam masyarkat. Bank menyalurkan dana pada masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk kredit. PT. Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank yang selain menghimpun dana dari masyarakat juga melayani jasa perkreditan. Salah satu jenis kreditnya adalah Kredit Modal Kerja.

Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang sistem dan prosedur pemberian Kredit Modal Kerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Martadinata. Metode pemecahan masalah yang dilakukan adalah metode deskriptif kualitatif.

Berdasarkan dari hasil pengamatan dan pembahasan Tugas Akhir ini, diperoleh kesimpulan bahwa analisis yang diterapkan dalam prosedur pemberian Kredit Modal Kerja pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Malang Martadinata telah sesuai dengan konsep 5C, yaitu analisa character, capacity, capital, collateral,dan condition of economy. Prosedur yang dijalankan juga telah melalui tahap-tahap yang sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati sebelumnya antara pihak bank dan debitur. Sistem pengendalian intern yang diterapkan dalam pemberian Kredit Modal Kerja juga telah memenuhi unsur-unsur pokok pengendalian intern.

Dari hasil pengamatan ini, disarankan kepada PT. Bank Rakyat Indonesia hendaknya Terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada, hal ini dapat dilakukan dengan melakukan training atapun follow up rutin untuk meningkatkan kinerja para karyawannya. Selain itu, Bank Rakyat Indonesia sebaiknya memperketat kegiatan monitoring terhadap usaha yang dijalankan oleh debitur untuk meminimalisir terjadinya kredit bermasalah. Pihak Bank Rakyat Indonesia juga harus menjalin kerjasama yang lebih baik dengan para debitur. Seperti yang telah diketahui dalam pembahasan bahwa kerjasama yang baik antara bank dengan debitur dapat memperlancar kegiatan bimbingan atau pembinaan terhadap debitur. Karena keberhasilan kredit sepenuhnya tergantung pada kemampuan debitur dalam menciptakan keuntungan. Keuntungan yang diperoleh akan menghasilkan kekuatan bagi debitur untuk memenuhi kewajibannya.