SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH UKURAN KINERJA KEUANGAN DAN CLOSING PRICE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ) PADA PERIODE 2006-2007

ADINDA AGUSTINA

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina. Adinda. 2010. Pengaruh Ukuran Kinerja Keuangan dan Closing Price Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Property Yang Go Publik Di Bursa Efek Jakarta (BEJ) Pada Periode 2006-2007. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Sumadi, S.E., M.M., (II) Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata-kata kunci: Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), dan Closing Price.

 

            Keberadaan pasar modal sangatlah penting, mengingat perannya yang begitu besar bagi perekonomian, dimana pasar modal memiliki manfaat yaitu sebagai wahana investasi bagi para investor. Semakin majunya perekonomian kita saat ini dimana objek investasi juga semakin banyak ragamnya. Oleh karena itu diperlukan suatu pengetahuan atau analisis agar dalam berinvestasi seorang investor dapat mencapai tujuan yang diharapkan secara maksimal. Salah satu analisis yang dapat digunakan adalah analisis fundamental, rasio harga saham atas nilai buku (PBV),  dan analisis tekhnikal. Dimana untuk mengukur harga saham diantaranya yaitu Net Profit Margin (NPM) , Earning Per Share (EPS) yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba bersih per lembar saham, Price Earning Ratio (PER) menunjukkan bahwa investor mengharapkan pertumbuhan dividen yang tinggi, Price to Book Value (PBV) menggambarkan kepercayaan pasar akan prospek perusahaan tersebut, dan Closing Price merupakan harga saham di masa lalu yang memiliki suatu pola tertentu dan berulang yang dapat digunakan untuk memprediksi harga saham dimasa yang akan datang.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), dan Closing Price terhadap harga saham saat ini. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan Property di BEJ yang listing periode 2006-2007, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 30 perusahaan dengan teknik purposive sampling, dimana teknik pengumpulan datanya adalah dengan teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan variabel-variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap harga saham sekarang.

            Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menambah periode penelitian dan mengganti objek penelitian, misal semua perusahaan yang listing di BEJ agar hasil penelitian lebih mencerminkan kondisi pasar secara keseluruhan.