SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEAKTIFAN TERHADAP SELF REGULATED-LEARNING MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Nurin Niswah

Abstrak


RINGKASAN.

Niswah, Nurin. 2018. Pengaruh Keaktifan terhadap Self Regulated Laerning melalui Model Project Based Learning Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntans, Fakultas Ekonomi,Unversitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci: Keaktifan, Self Regulated Learning, Model Project Based Learning.

Self regulated learning adalah konsep dimana seorang individu dapat mengatur pembelajarannya sendiri dengan mengaktifkan kognisi, perilaku, dan perasaannya dalam rangka untuk mencapai tujuan pendidikan. Kemandirian menekankan pada aktivitas mahasiswa dalam pembelajarannya, mahasiswa yang memiliki self regulated learningyang bagus cenderung yakin dengan usaha yang diberikan dalam tindakannya, dalam halnya mahasiswa yang memiliki keyakinan yang kuat dan tinggi akan lebih aktif dalam melakukan segala hal. Proses pembelajaran yang menuntut mahasiswa aktif adalah pembelajaran berbasisi proyek yang menekankan pada belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang komplek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara keaktifan terhadap self regulated learning melalui model project based learning pada mahasiswa angkatan 2016 pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 Universitas Negeri Malang yang berjumlah 155 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling diperoleh sampel 112 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan SPSS versi 21.0.

Hasil penelitian ini menjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan anatara: (1) keaktifan terhadap model project based learning, (2) model project based learning terhadap self regulated laerning, (3) keaktifan terhadap self regulated laerning, (4) keaktifan terhadap self regulated laerning melalui model project based learning.