SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LINGKUNGAN DAN KETAATAN SISWA DALAM MELAKSANAKAN PERATURAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATU

Maryatti maryatti.

Abstrak


ABSTRAK
Maryatti. 2010. Pengaruh Lingkungan dan Ketaatan Siswa dalam Melaksanakan Peraturan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi. FE. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com. (II) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.
Kata kunci : lingkungan, ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah, prestasi belajar siswa
Lingkungan tempat siswa tumbuh dan berkembang yang meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat memiliki peran dalam perkembangan prestasi belajar siswa di sekolah. Selain itu sistem yang ada di dalam sekolah juga mempengaruhi prestasi belajar siswa, salah satu sistem itu adalah peraturan atau tata tertib sekolah. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan dan ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan (X1) dan ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah (X2), sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y). Jenis penelitian ini adalah eksplanatif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Skala yang digunakan adalah skala likert dengan 4 (empat) pilihan jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis data lingkungan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung (3,277) > ttabel (2,048) atau sig t (0,003) < 0,05. Ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Hal ini dapat dari nilai thitung (3,766) > ttabel (2,048) atau sig t (0,001) < 0,05. Lingkungan dan ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu. Nilai R square sebesar 0,570 menunjukkan bahwa variabel lingkungan dan ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 57%. Sedangkan sisanya 43% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian.
Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Guru hendaknya lebih memperhatikan kondisi lingkungan siswa dan ketaatan siswa dalam melaksanakan peraturan sekolah untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif untuk meraih prestasi belajar yang baik. (2) Sekolah hendaknya memperhatikan peraturan yang telah ditetapkan sekolah dengan tetap memperhatikan kepentingan siswa. (3)Siswa hendaknya menyadari kedudukan, hak, dan kewajibannya sebagai peserta didik sehingga pada akhirnya siswa dapat mengendalikan diri dari tingkah laku yang melanggar peraturan sekolah yang mengganggu suasana kegiatan pembelajaran.