SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecenderungan Fraud di Pemerintah Kota Malang

Anne Nurmila Handayani

Abstrak


RINGKASAN.

Handayani, Anne Nurmila. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecenderungan Fraud di Pemerintah Kota Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: fraud, pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, komitmen organisasi, perilaku tidak etis

Pemerintah sebagai pengemban kepercayaan dari masyarakat mempunyai kewajiban untuk melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien. Namun dalam pelaksanaannya banyak terjadi praktik fraud yang secara langsung dapat merugikan negara dan secara tidak langsung dapat merugikan masyarakat. Fraud jenis korupsi adalah yang paling sulit untuk dideteksi karena menyangkut kerjasama dengan pihak lain. Para pihak yang bekerja sama saling menikmati keuntungan, termasuk di dalamnya penyalahgunaan wewenang dan konflik kepentingan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan kecurangan (fraud) di instansi pemerintahan. Faktor-faktor tersebut adalah pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, komitmen organisasi, dan perilaku tidak etis.

Penelitian ini menggunakan sampel 71 pegawai subbagian keuangan di 19 dinas Pemerintah Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan SPSS 22.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal berpengaruh negatif signifikan terhadap kecenderungan fraud, kesesuaian kompensasi berpengaruh negatif signifikan terhadap kecenderungan fraud, komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kecenderungan fraud, dan perilaku tidak etis berpengaruh positif signifikan terhadap kecenderungan fraud.