SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM TERHADAP HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTRA DI BEI PERIODE 2014-2016

Ade Budianto

Abstrak


RINGKASAN.

Budianto, Ade. 2018. Pengaruh Activity Based Costing System terhadap harga jual pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2014-2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dodik Juliardi , S.E., M.M, Ak.,

 

Kata Kunci: Activity Based Costing System, harga jual

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh activity based costing system terhadap harga jual pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2016. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel independen, dan variabel dependen. Variabel independen penelitian ini adalah harga pokok produksi (Activity Based Costing System) sedangkan variabel dependen penelitian ini adalah harga jual perusahaan-perusahaan sektor manufaktur. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Metode pemilihan sampel menggunakan porposive sampling, diperoleh sample sebanyak 40 perusahaan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis data sekunder, teknik pengambilan data adalah berupa laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (http://www.idx.co.id/). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 22.

Hasil penelitian dengan analisis regresi sederhana dapat disimpulkan bahwa activity based costing system berpengaruh signifikan terhadap harga jual pada perusahaan manufaktur yang artinya semakin baik perhitungan activity based costing system maka semakin akurat penentuan harga jual produk dalam menghasilkan laba.