SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Fakultas, Minat Belajar dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2016

Zulailul Insyiro Avie

Abstrak


RINGKASAN.

Avie, Zulailul Insyiro. 2018. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Fakultas,Minat Belajar dan Self Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2016. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Dudung Ma’ruf Nuris, S.Pd., M.Pd.Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan Fakultas, Minat Belajar,Self Efficacy,Prestasi Akademik.Proses pembelajaran merupakan proses perubahan tingkah laku pada manusia. Pada perguruan tinggi proses perubahan dapat dilihat pada prestasi akademik yang diperoleh mahasiswa. Dalam pelaksanaan pencapaian prestasi akdemik tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain lingkungan serta fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran seperti perpustakaan yang disediakan fakultas, faktor minat dan faktor self efficacy.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan fakultas terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2016, pengaruh minat belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2016, pengaruh self efficacy terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2016 dengan jumlah sampel 108 mahasiswa. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang berupa angket dan sumber data sekunder yang berupa indeks prestasi kumulatif (IPK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner atau angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik serta pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan bantuan program SPSS Statistics 17.0. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan perpustakaan fakultas berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2016 dengan tingkat signifikansi 0,046 < 0,05. Minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2016 dengan tingkat signifikan 0,028 0,05. Saran yang dapat dirokemendasikan terkait dengan hasil penelitian yang didapatkan adalah diharapkan bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang sejenis maka dapat meneliti atau menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi prestasi akademik selain itu peneliti selanjutnya juga dapat memperluas subjek maupun objek penelitian sehingga populasi yang digunakan dapat menjadi lebih luas.