SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project-BasedLearning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK PGRI 6 Malang

Sevy Hening Oktalita

Abstrak


RINGKASAN.

Oktalita, Sevy Hening. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Project-BasedLearning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK PGRI 6 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

 

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Project-BasedLearning, Hasil Belajar Siswa

Perangkat pembelajaran akuntansi dasar yang digunakan di SMK PGRI 6 Malang diketahui belum memenuhi tuntutan kurikulum 2013 revisi. Hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dimana peran guru lebih mendominasi saat pembelajaran berlangsung. Selain itu perangkat pembelajaran akuntansi dasar pada SMK PGRI 6 Malang kurang mengkakomodasi kebutuhn peserta didik. Karena keterbatasan jumlah buku di perpustakaan, siswa tidak memiliki pegangan untuk mempelajari materi di rumah. Berdasarkan hal tersebut dikembangkan perangkat pembelajaran berbasis Project-BasedLearning yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, media pembelajaran dan evaluasi pada materi persamaan dasar akuntansi.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE oleh Dick and Carry (dalam I Made: 2014). Tahap yang dilakukan adalah tahap analisis (Analyze), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation) dan yang terakhir adalah tahap evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan sampai pada uji coba terbatas kepada 13 siswa kelas X AKL SMK PGRI 6 Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Project-BasedLearning ini sangat layak digunakan oleh para validator. Penerapan RPP menunjukkan pembelajaran di kelas sesuai dengan sintaks Project-BasedLearning dan kegiatan pembelajaran dapat mencapai tujuan. Penggunan media dan bahan ajar sangat membantu kegiatan pembelajaran siswa. Evaluasi yang diterapkan dalam pembelajaran dapat mencapai tujuan. Selain itu tes pretest dan posttest yang dilakukan juga menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Project-BasedLearning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan perangkat pembelajaran berbasis Project-BasedLearning sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi persamaan dasar akuntansi. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah pada saat melakukan penelitian dan membagi kelompok sebaiknya dibagi berdasarkan pertimbangan kemampuan siswa agar tidak menghambat jalannya penelitian.