SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGUNGKAPANCORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN RETURN ON EQUITY(ROE) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Pada Perusahaan Real Estate dan Propertyyang Terdaftar di BEI Periode 2013-2015)

Citra Adinda Purnama Dewi

Abstrak


RINGKASAN

Dewi, Citra Adinda Purnama. 2017. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Return On Equity(ROE) terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di BEI periode 2013-2015). Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

 

Kata Kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility(CSR), Return On Equity(ROE), Harga Saham

Harga saham berubah seiring dengan perubahan kondisi dan informasi baru yang diperoleh investor tentang prospek perusahaan. Keputusan investasi yang diambil oleh perusahaan dapat menentukan laba perusahaan dan arus kas investor di masa depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Return On Equity(ROE) terhadap harga saham.

Teori sinyal menyatakan bahwa indikator ROE dalam annual report mempengaruhi harga saham. Hal ini dikarenakan, semakin tinggi ROE dapat menggambarkan kondisi kinerja keuangan perusahaan dari kemampuan perusahaan menghasilkan laba semakin baik,sehingga kepercayaan investor atas modal yang diinvestasikannya terhadap perusahaan akan meningkat serta dapat memberi pengaruh positif bagi harga saham perusahaan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Variabel penelitian terdiri dari pengungkapan CSR dan ROE sebagai variabel independen dan harga saham sebagai variabel dependen. Data penelitian berupa data sekunder yaitu data annual report perusahaan periode tahun 2013-2015 yang termasuk kategori perusahaan real estate dan propertyyang terdaftar di BEI. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 41 perusahaan yang dikumpulkan dari populasi sebanyak 46 perusahaan dengan menggunakan  metode purposive sampling.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa Pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dan ROE berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham.Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diketahui jika Perusahaan sebaiknya menganalisis indikator ROE karena investor menggunakan indikator ROE dalam annual report sebagai dasar acuan untuk menginvestasikan uang mereka pada saham perusahaan dan investor sebaiknyamempertimbangkan indikator ROE dalam annual reportkarena indikator ROE yang tinggi menunjukkan pengembalian yang relatif tinggi terhadap jumlah investasi yang telah investor tanamkan.