SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Auditor Atas Opini Audit dan Ukuran KAP terhadap Audit Delay (Studi Pada KAP di Wilayah Kota Malang)

Novia Candra Nada

Abstrak


RINGKASAN.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi auditor atas opini audit, dan ukuran KAP terhadap audit delaystudi pada KAP di wilayah kota Malang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan akan kepatuhan terhadap ketepatan waktu dalam penyampaian laporan keuangan tahunan perusahaan terhadap publik.

Penelitan ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Populasi penelitian ini adalah seluruh auditor pada KAP di wilayah kota Malang. Penelitian ini menggunakan metodeconvenience sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada kemudahaan atau kelayakan untuk mengaksesnya.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa opini audit dan ukuran KAP berpengaruh positif signifikan terhadap audit delay. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah tidak membedakan auditor sebagai responden berdasarkan posisi mereka di KAP (junior, senior, manager, partner) sehingga tidak diketahui secara pasti tingkat pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki. Bagi KAP disarankan untuk dapat menghasilkan hasil audit yang tepat waktu dan akurat, sebaiknya setiap KAP sesering mungkin selalu memperbaharuhi staffnya agar terhindar dari kecurangan dan penyalahgunaan wewenang akan hasil laporan audit. Danpenelitian selanjutnya disarankan untuk dapat membedakan auditor sebagai responden berdasarkan posisi hubungan dengan pengetahuan dan pengalaman.