SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Auditor tentang Pengalaman, Independensi, Etika Profesi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Audit (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Kota Tangerang dan Tangerang Selatan)

Intan Ratnasari

Abstrak


RINGKASAN

Ratnasari, Intan. 2018. Pengaruh Persepsi Auditor atas Pengalaman, Independensi, Etika Profesi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Audit Studi pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sawitri Dwi Prastiti, S. E., M. Si., Ak.

 

Kata Kunci: Pengalaman, Independensi, Etika Profesi, Motivasi Kerja, Kinerja Audit

Audit adalah jasa profesi yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik dan dilaksanakan oleh seorang auditor yang sifatnya sebagai jasa pelayanan. Jasa profesional akuntan merupakan jasa yang diberikan oleh akuntan publik kepada masyarakat, untuk mengatasi krisis ketidakpercayaan terutama dalam bidang pelaporan keuangan perusahaan. Dalam mengatasi krisis ketidakpercayaan pengguna laporan keuangan, maka dibutuhkan seorang auditor independen yang memperhatikan kinerja audit. Kinerja audit dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Faktor-faktor tersebut diantaranya pengalaman, independensi, etika profesi, dan motivasi kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan pengaruh pengalaman, independensi, etika profesi, dan motivasi kerja terhadap kinerja audit.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh auditor pada KAP di wilayah Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode convenience sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada kemudahan atau kelayakan untuk mengaksesnya dengan adanya kriteria pemilihan sampel dalam penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman, independensi, etika profesi, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja audit. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas tempat penelitian dan menambahkan metode wawancara langsung kepada responden.