SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL, KEPEMILIKAN MANAGERIAL, DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008)

AMALIA OKTAVIANA

Abstrak


ABSTRAK
Oktaviana, Amalia. 2010. Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Kepemilikan Manajerial, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008). Skripsi. Jurusan Akuntansi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si, Ak. (2) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com.


Kata Kunci: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSDI), Kepemilikan Manajerial (MOWN), Kepemilikan Institusional (INS), dan Kinerja Perusahaan (ROE).


Indikator dalam menilai kinerja keuangan perusahaan diantaranya dengan rasio profitabilitas yang salah satunya adalah Return On Equity (ROE). Rasio keuangan ini merupakan suatu alat analisis yang diperlukan untuk mengukur kondisi dan efisiensi operasi perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan yaitu laba bersih. Selain bertanggung jawab secara keuangan (financial), perusahaan juga memiliki tanggung jawab sosial maupun lingkungan hidup tempat perusahaan beroperasi yang ditunjukkan pada kebijakan dan aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan .Kepemilikan manajerial yang merupakan kepemilikan saham perusahaan oleh pihak-pihak yang berada dalam perusahaan (insider), serta kepemilikan institusional yang merupakan kepemilikan saham oleh pihak-pihak yang berbentuk institusi juga dapat meningkatkan ROE perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel CSDI, MOWN, INS terhadap ROE baik secara parsial maupun secara simultan. Data yang digunakan bersumber dari ICMD (Indonesian Capital Market Directory) dan annual repot perusahaan tahun 2006-2008. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 124 perusahaan, namun setelah digunakan metode purposive sampling dengan teknik pooled data, didapatkan sampel sebanyak 15 sampel perusahaan.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Uji yang dilakukan adalah nilai t dan nilai F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel CSDI dan MOWN dengan nilai signifikansi 0.000 dan 0.041 mempunyai pengaruh signifikan terhadap ROE. Secara simultan variabel-variabel CSDI, MOWN, dan INS berpengaruh signifikan terhadap ROE dengan nilai signifikansi 0.000.

Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan dalam penelitian selanjutnya untuk menambah jumlah sampel, variabel, dan memperpanjang periode penelitian, serta diharapkan bagi investor, penelitian ini dapat dijadikan gambaran tentang pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap kinerja perusahaan sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat.