SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PerlakuanAkuntansiUntukHeritage AssetsStudiKasusPada Museum Mpu Purwa Kota Malang

Muhammad . Ilham

Abstrak


RINGKASAN.

Ilham, Muhammad. 2018. Perlakuan Akuntansi Untuk Heritage Assets Studi Kasus Pada Museum Mpu Purwa Kota Malang.Skripsi.Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang.Pembimbing:HeliantiUtami, S.E., M.Si. Ak. Ph.D.

 

Kata Kunci :Aset Bersejarah, Pengakuan, Penilaian, Pengungkapan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan akuntansi untuk aset bersejarah di Museum Mpu Purwa yang dikelola Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Malang yang mencakup pengakuan, penilaian dan pengungkapan didalam laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan studi kasus padahasil wawancara dengan informan penelitian. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan pihak dinas terkait dan pengelola Museum Mpu Purwakota Malang didukung dengan hasil data observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelola Museum Mpu Purwa belum sesuai dengan Peraturan Sistem Akuntansi Pemerintah yang diterapkan di Indonesia.Dalam praktik pengakuan pihak dinas setempat tidak mengakui sebagai aset bersejarah melainkan diakui sebagai benda cagar budaya. Dalam penilaian pihak dinas setempat memunculkan nilai nominal sebesar enam rupiah untuk keseluruhan benda cagar budaya di Museum MpuPurwakota yang secara penilaian akuntansi sebenarnya tidak menggunakan appraiser dan tidak terdapat nilai perolehan maupun nilai wajar yang terkandung pada nilai tersebut. Secara penilai an pihak dinas setempat tidak melakukan penilaian kembali dan penyusutan pada bendater sebut. Pengungkapan tidak menyajikan benda yang dimunculkan nilai nominal enam rupiah ke dalam laporan keuangan maupun Catatan atas Laporan Keuangan.Berdasarkan hasil data observasi dan dokumentas pihak dinas setempat hanya melaporkan nilai enam rupiah untuk keseluruhan benda cagar budaya kedalam laporan ekstra komptablese bagai data yang dimiliki Dinas Kebudayaan dan Pariwisatakota Malang.