SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang Untuk Kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen

Nora . Hardiana

Abstrak


RINGKASAN.

Hardiana, Nora. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi JurnalPenyesuaian Perusahaan Dagang Untuk Kelas X Akuntansi di SMK Kepanjen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sunaryanto, M. Ed.

 

 Kata Kunci:Pengembangan, media pembelajaran interaktif

Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. Pada bidang pendidikan, teknologi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Guru harus dapat menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Pemanfaatan media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan informasi materi kepada peserta didik. Multimedia interaktif merupakan salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru.

Penelitian in ibertujuan untuk menghasilkan media pembelajarani n teraktif pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas X SMK jurusan akuntansi serta untuk menguj ivaliditas, kelayakan dan efektivitas media interaktif tersebut dalam pembelajaran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research danDevelopment). Metode yang digunakan yaitu eksperimen untuk mengujiting katefektifitas media dengan melakukan pengukuran terhadap kelompo keksperimen dan kelompok kontrol. Model dari penelitian yang digunakan mengacu kepada model Borg and Gall. Prosedur yang dilakukan telah dimodifikasi, meliputi pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, uji validitas produk, revisi produk kesatu, uji coba lapangan, revisi produk kedua dan produkakhir. Validasi produk melibatkan satu dosen TEP UM, satu guru akuntansi di SMK Kepanjen, peserta didik kelas X3 akuntansi di SMK Kepanjen. Penilaian produk dilakukan dengan cara penilaian menggunakan angket, serta pretest posttest yang diberikan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif.

Produkmedia pembelajaran interaktif menyajikan materi jurnal penyesuaian secara jelas dan memberikan soal latihan dalam bentuk pilihan ganda, essay, dan kuis. Berdasarkan penilaian produk, diketahu ibahwa tampilan dan konsep media interaktif telahs esuai serta dapat memudahkan peserta didik dalam belajar. Hasil uji efektivitas produk yang dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media pembelajaran interaktif yang dikemas dalam CD interaktif dapat menggunakan komputer atau laptop. Penggunaan media sebagai media pembelajaran oleh peserta didik dapat dilakukan saat dikelas maupun diluar kelas. Pengembangan selanjutnya diharapkan dapat memanfaatkan media pembelajaran interaktif kedalam android agar lebih menarik.