SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Appypie Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Kelas X AKL SMKN 2 Kediri.

Arifudin

Abstrak


RINGKASAN

 

Arifudin, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Appypie Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Kelas X AKL SMKN 2 Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  Dr. Sunaryanto, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran, Appypie, akuntansi perusahaan jasa, Four-D Model

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara singkat yang dilakukan di SMK N 2 Kediri pada mata pelajaran akuntansi, berkaitan dengan proses pembelajaran akuntansi pada mata pelajaran akuntansi, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang hanya menggunakan media Powerpoint dengan tampilan yang masih sangat sederhana, yaitu berupa teks panjang saja, sehingga siswa sering merasa bosan, dan kecenderungan siswa untuk memainkan smartphone android masing-masing. Berdasarkan hal tersebut penulis berkeinginan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Appypie yang dapat di operasikan pada smartphone untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, serta memberikan inovasi media pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan model pengembangan Four-D Model. Terdiri dari 4 tahapan, yaitu: 1) define (tahap pendefinisian) , 2) design (tahap perancangan), 3) develop (tahap pengembangan), dan 4) disseminate (tahap penyebaran), yang dilakukan secara sederhana. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba terbatas dilakukan di SMK Negeri 2 Kediri. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 20 siswa kelas AKL, serta guru praktis akuntansi SMK Negeri 2 Kediri.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Appypie sebagai media pembelajaran berdasarkan penilain: 1) Ahli materi diperoleh total skor 74 dengan presentase 88%, sehingga termasuk kategori ”Sangat Layak”, 2) Ahli media diperoleh total skor 74 dengan presentase 97%, sehingga termasuk kategori ”Sangat Layak”, dan 3) Penilain ujicoba terbatas siswa dan guru mendapatkan 1630 dengan presentase 88%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak” dengan sedikit revisi.

Dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis Appypie ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi akuntansi perusahaan jasa. Media pembelajaran berbasis Appypie ini bisa digunakan sebagai penunjang bagi perserta didik dalam mempelajari akuntansi perusahaan jasa. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar media pembelajaran perlu diupgrade ke versi berbayar agar penggunaan dapat maksimal, serta materi yang dikembangkan ditambahi agar lebih lengkap atau  materi lain.