SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur Kelas XII Semester 1 SMK Akuntansi

Cicilia Trian Maharani

Abstrak


RINGKASAN

 

Maharani, Cicilia Trian. 2018. Pengembangan Modul Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur Kelas XII Semester 1 SMK Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E, M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Pengembangan, modul praktikum akuntansi perusahaan manufaktur

Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 merupakan perbaikan dari kurikulum 2013. Salah satu perubahan yang terjadi adalah adanya mata pelajaran baru yaitu praktikum akuntansi perusahaan manufaktur untuk kelas XII. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan diketahui bahan ajar yang digunakan untuk mata pelajaran tersebut masih terbatas jumlahnya. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan adalah modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul praktikum akuntansi perusahaan manufaktur kelas XII semester 1 serta untuk menguji kelayakan dan efektivitas modul dalam kegiatan pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model Research dan Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Prosedur yang dilakukan telah dimodifikasi, meliputi penemuan dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi produk, uji coba produk, revisi produk akhir, dan diseminasi & implementasi. Validasi produk melibatkan 1 dosen TEP UM, satu guru akuntansi di SMK Cendika Bangsa Kepanjen, dan tiga orang siswa kelas XII akuntansi di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Validasi dilakukan dengan cara wawancara berdasarkan angket yang telah diberikan serta dilakukan pretest posttes untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul dalam kegiatan pembelajaran.

Produk modul praktikum akuntansi perusahaan manufaktur yang dikembangkan terdiri dari modul siswa dan lembar kerja praktikum. Modul dikembangkan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter, budaya literasi, 4C (Creative, Communicative, Critical Thinking, and Collaborative) dan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Berdasarkan hasil validasi produk diketahui bahwa bahasa yang digunakan dalam modul mudah dimengerti, tampilan modul dinilai sudah baik dan menarik, penyajian materi dilengkapi dengan contoh soal yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi. Hasil uji efektivitas produk menggunakan uji paired sample T-test menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000.

Pemanfaatan modul sebagai bahan ajar diharapkan dapat membuat siswa belajar secara mandiri. Saran untuk pengembangan modul lebih lanjut adalah peneliti selanjutnya dapat merancang desain modul dengan konsep lain sehingga modul yang dihasilkan akan memilik kualitas yang lebih baik lagi dari segi konsep maupun materi.