SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM MATA PELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP MINAT, MOTIVASI, DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TUREN

leny purwanti

Abstrak


ABSTRAK
Purwanti, Leny. 2010. Pengaruh Penggunaan Multimedia Dalam Mata Pelajaran
Akuntansi Terhadap Minat, Motivasi Dan Prestasi Belajar Akuntansi
Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Turen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program
Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri
Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Endang Sri Andayani, S.E, M.Si, Ak.,
(II) Dra. Hj. Sutatmi, S.E, M.Pd, M.Si, Ak.
Kata Kunci : Penggunaan Multimedia, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi
Belajar.
Penggunaan media atau alat bantu disadari oleh banyak praktisi
pendidikan sangat membantu aktivitas proses pembelajaran baik di dalam maupun
di luar kelas, terutama mambantu peningkatan prestasi belajar siswa. Multimedia
pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan
untuk meningkatkan minat, motivasi dan prestasi belajar siswa. Multimedia
pembelajaran menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih interaktif dan
menarik sehingga siswa menjadi lebih bersemangat untuk mengikuti pelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan tujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan multimedia terhadap minat, motivasi dan
prestasi belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 jurusan
akuntansi SMK Negeri 1 Turen yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas X.1 jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Turen yang
berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan uji t.
Hasil analisis diperoleh tingkat signifikansi (0,001) < (0,05) untuk minat
belajar, signifikansi (0,002) < (0,05) untuk motivasi belajar dan signifikansi
(0,028) < (0,05) untuk prestasi belajar siswa. Berdasarkan nilai signifikansi yang
diperoleh dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti
bahwa penggunaan multimedia berpengaruh positif terhadap minat, motivasi, dan
prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Turen.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka kesimpulan dari
penelitian ini menyatakan kelas yang diajar melalui penggunaan multimedia
pembelajaran memiliki minat, motivasi dan prestasi belajar yang lebih baik dari
kelas yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran sederhana seperti
papan tulis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan agar guru lebih
kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk membuat
proses belajar mengajar menjadi lebih menarik.