SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK E-MODUL BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERBANKAN UNTUK SMK KELAS X AKUNTANSI

Ikfina Birusydah

Abstrak


RINGKASAN

 

Birusydah, Ikfina. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk E-Modul Berbasis Android pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perbankan Untuk SMK Kelas X Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hj. Endang SA, S.E., M.Si, Ak.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Modul Berbasis Android, Dasar-Dasar Perbankan

Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin berkembang dan membawa dampak besar pada kemajuan dunia pendidikan karena dapat menghemat waktu dan membantu siswa untuk lebih mandiri dalam proses pembelajaran. Saat ini hampir seluruh siswa memiliki handphone berbasis android. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kondisi tersebut, antara lain dengan banyaknya media pembelajaran yang dikembangkan dengan berbasis android untuk memudahkan siswa dalam meng-akses materi pembelajaran dimanapun dan kapanpun serta mampu membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. E-modul berbasis android merupakan salah satu penerapan media pendamping yang dapat dimanfaatkan oleh guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk e-modul berbasis android pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan kelas X akuntansi SMK Kepanjen serta untuk menguji kelayakan dan keefektifan media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Uji kelayakan dilakukan oleh seorang guru sebagai ahli materi, seorang dosen TEP sebagai ahli media dan 34 siswa untuk uji coba lapangan. Uji keefektifan dilakukan pada 34 siswa kelas X akuntansi SMK Kepanjen. Penilaian produk dilakukan dengan cara penilaian menggunakan angket dan wawancara secara mendalam. Data yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis android pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran karena telah menyajikan materi dengan padat dan jelas yang sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) dasar-dasar perbankan kelas X akuntansi semester genap. Soal latihan yang disajikan mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan memudahkan siswa dalam belajar mandiri. Hasil uji t untuk motivasi siswa menunjukkan tingkat signifikansi dengan nilai sig. 2 tailed yang mencapai 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa e-modul berbasis android pada mata pelajaran dasar-dasar perbankan merupakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Inovasi media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk aplikasi android mampu menimbulkan dorongan semangat atau minat siswa untuk belajar. Saran kepada pengembang selanjutnya agar dapat membuat produk dengan materi yang ada pada semester gatu (ganjil).