SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Fenomena Rogalski Effect Pada Perusahaan LQ-45

Resti Adesti

Abstrak


RINGKASAN

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah fenomena Rogalski effectterjadi di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Teknik sampling menggunakan purposivesampling dengan kriteria sampel adalah saham – saham yang aktif diperdagangkan selama periode penelitian (2015-2017). Data diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (idx.co.id) danyahoofinance.com. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 34 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif danindependent sample t-testdengan bantuan softwarestatistik SPSS versi 21. Uji hipotesis dengan melihat t-statistik dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji normalitas data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rogalski effect tidak terjadi di Bursa Efek Indonesia pada periode pengamatan 2015-2017, ditandai dengan tidak adanya hasil signifikan yang mengatakan bahwa rata-rata abnormal return hari Senin pada bulan April positif dibandingkan rata-rata abnormal return hari Senin non April.

Penelitian ini belum mampu mengkaji lebih dalam mengenai pengaruh psikologis investor terhadap Rogalski Effect. Bagi peneliti selajutnya dapat memberi argumentasi mengenai pengaruh psikologi investor terhadap Rogalski Effect, tidak hanya sebatas mengungkap keberadaan fenomena tersebut.