SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemahaman Self Assessment System dan Persepsi Biaya Kepatuhan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Rumah Kos di kota Malang (Survey pada Wajib Pajak Rumah Kos di kecamatan Lowokwaru )

Gerry Eka Samodra

Abstrak


RINGKASAN

 

Samodra, Gerry Eka. 2017. Pengaruh Pemahaman Self Assessment System dan Persepsi Biaya Kepatuhan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Rumah Kos di kota Malang (Survey pada Wajib Pajak Rumah Kos di kecamatan Lowokwaru ). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak. (II) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com.

 

Kata kunci: pemahaman self assessment system, persepsi biaya kepatuhan, kepatuhan wajib pajak rumah kos

Saat ini Kota Malang dikenal sebagai Kota pendidikan yang memiliki jumlah perguruan tinggi sedikitnya 30 perguruan tinggi Negeri maupun swasta sehingga banyak mahasiswa dari luar Kota Malang yang menempuh pendidikan di kota malang. Seiring dengan hal itu, kebutuhan akan rumah tinggal sementara di Kota Malang terus meningkat. Hal tersebut mengakibatkan banyak usaha Rumah Kos sebagai tempat tinggal sementara bermunculan dan terus meningkat sehigga jumlah Wajib Pajak Rumah Kos di Kota Malang yang terdatas pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang (DIPENDA) ikut meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pemahman Self Assessment System dan Persepsi Biaya Kepatuhan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Rumah Kos di Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan Theory Planned of Behaviour sebagai grand theory yang menyebutkan perilaku oleh individu timbul karena adanya niat untuk berperilaku. Penelitian ini menggunakan Kuesioner sebagai alat penelitian. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Rumah Kos di Kota Malang yang terdaftar di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang (DISPENDA) sebanyak 695. Sample yang digunakan adalah 87 Wajib Pajak Rumah Kos. Teknik analisis data yang digunkan adalah teknik analsis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial diketahui bahwa Pemahaman self Assessment System dan Persepsi Biaya Kepatuhan Berpengaruh positif dan signifikan terhadap Wajib Pajak Rumah Kos di Kota Malang.

Saran untuk Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang (DISPENDA) adalah (1) meningkatkan intensitas survey dan sosialisasi terhadap wajib pajak rumah kos tentang pemahaman akan aturan perpajakan, (2) memberikan Pelayanan atas pembayaran pajak dengan sistem mobile. Saran untuk peneliti selanjutnya (1) lebih memilih responden wajib pajak rumah kos dengan gnder wanita dan dengan latar belakang pendidikan perguruan tinggi untuk dapat lenih membuktikan tingkat pemahaman wajib pajak rumah kos d kota Malang (2) melakukan wawancara pada responden wajib pajak rumah kos dengan klasifikasi gender, latar belakang pendidikan, dan latar belakang pekerjaan yang berbeda beda.