SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI SMK Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa

Isro'in Dhika Syahputri

Abstrak


RINGKASAN

 

Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI SMK; dan mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran akuntansi keuangan untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa kelas XI SMK.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap development, media pembelajaran dinilai kelayakannya oleh 1 dosen ahli media, 1 guru ahli materi, dan 16 siswa sebagai pengguna. Pengukuran kemampuan metakognitif siswa dilakukan terhadap 31 siswa kelas XI jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga SMK Kepanjen. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan angket dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli, media pembelajaran Kuis Akuntansi Keuangan telah memenuhi kriteria media pembelajaran yang baik. Dalam penilaian aspek rekayasa perangkat lunak, produk Kuis Akuntansi Keuangan cukup mudah diinstal dan lancar dalam pengoperasiannya. Dalam penilaian aspek desain komunikasi visual, tampilan teks, gambar, dan warna sudah menarik. Aspek materi dinilai baik, karena selain disajikan dalam bentuk teks, materi juga disajikan dengan bagan dan contoh soal. Hal ini dapat menjadikan siswa lebih mudah dalam memahami materi. Aspek evaluasi dinilai kreatif karena menuangkan ide berupa kuis dengan bentuk yang berbeda. Siswa bisa memilih sendiri jumlah soal, waktu, dan materi yang akan dikerjakan, sehingga siswa dapat lebih memahami sejauh mana kemampuannya. Selain itu pemberian feedback secara langsung berupa nilai sehingga siswa dapat mengukur pengetahuan yang dimiliki. Dalam aspek lain-lain, produk Kuis Akuntansi Keuangan sangat bermanfaat dalam pembelajaran mandiri. Terlebih karena penggunaannya hanya dengan smartphone sehingga dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Hasil uji t untuk kemampuan metakognitif siswa menunjukkan tingkat signifikansi yang mencapai 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Kuis Akuntansi Keuangan telah dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa.