SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Model Pembelajaran Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Kediri

Indiana Puti Andani

Abstrak


ABSTRAK

  

Puti, Indiana Andani. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kurikulum 2013, Implementasi

 

Model Pembelajaran dalam Kurkulum 2013 adalah model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, dimana pembelajaran dirancang untuk membuat peserta didik aktif dan kretaif layaknya para peneliti sains guna tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Model pembelajaran dalam kurikulum 2013 berbasis teori konstruktivistik, dimana siswa akan membangun pengetahuan mereka sendiri berdasarkan pengetahuan-pengetahuan acak. Pada SMK Negeri 2 Kediri guru akuntansi dan keuangan lembaga kelas X masih menggunakan model pembelajaran konvensional, padahal SMK Negeri 2 Kediri sudah menerapkan kurikulum 2013. Hal ini tentunya juga tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dari penerapan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh guru akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri 2 Kediri.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan bentuk penelitian yang memungkinkan peneliti untuk menggambarkan objek penelitian berdasarkan realitas yang ada di lapangan dengan tujuan menemukan jawaban terhadap suatu fenomena atau pertanyaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus untuk dapat menangkap fenomena di lapangan yang kemudian dikaji lebih mendalam. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan kesimpulan.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran akuntansi dan keuangan lembaga yang dilaksanakan oleh guru di SMK Negeri 2 Kediri masih belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Guru akuntansi dan keuangan lembaga SMK Negeri 2 Kediri masih menggunakan model pembelajaran konvesional dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Serta terdapat beberapa kendala yakni kendala sarana prasarana, kendala waktu, dan kendala buku ajar yang mengakibatkan penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 sedikit terhambat.

Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, disarankan untuk penelitian selanjutnya, hendaknya peneliti lebih dapat melihat berbagai macam model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di kelas dalam observasi. Sehingga diharapkan hasil penelitian yang lebih lengkap dan mendalam dalam mengkaji model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013.