SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kesiapan Kinerja Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blita untuk Meningkatkan Tipe Kelas

Dewi Ratih Maharani

Abstrak


Abstrak

Maharani, Dewi Ratih. 2018. Kesiapan Kinerja Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blitar untuk Meningkatkan Tipe Kelas. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing: Hj. Yuli Widi Astuti, S. E., M. Si., Ak.
Kata Kunci : pelaporan, kesiapan rumah sakit, peraturan

 

Latar belakang penelitian ini adanya Undang- undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit menjelaskan adanya rumah sakit disarankan untuk  meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi- tingginya. Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blitar juga dituntut untuk meningkatkan tipe kelas, mengingat rumah sakit ini telah beroperasi cukup lama serta berkembangannya yang cukup pesat. Akan tetapi Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blitar masih bertipe kelas D. pada tahun ini, Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blitar ingin meningkatkan tipe kelas menjadi C. Hal ini dikarenakan adanya tuntutan dari pemerintah dan juga rumah sakit sendiri untuk klaim BPJS yang lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blitar dalam usahanya memenuhi berbagai syarat untuk meningkatkan tipe kelas rumah sakit menjadi C.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang digunakan yaitu data primer (yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi) dan data sekunder (dokumen dari rumah sakit). Analisisdata menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan temuan menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blitar melaporkan kinerja keuangan dan segala sesuatu yang di rumah sakit kepada yayasan serta Dinas Kesehatan Kota Blitar. Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blitar telah siap untuk meningkatkan tipe kelas menjadi C, hal ini terlihat bahwa rumah sakit telah melengkapi syarat administrasi maupun syarat yag tertera pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 tentang perizinan dan klasifikasi rumah sakit. Ada juga keterkaitan tentang bagian keuangan dengan kesiapan Rumah Sakit Syuhada Haji Kota Blitar dalam meningkatkan tipe kelas rumah sakit mencadi tipe C.