SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kebijakan Dividen, Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016)

Muhammad Syafruddin Sholeh

Abstrak


; "> Sholeh, Muhammad Syafruddin. 2018. “Pengaruh Kebijakan Dividen, Capital
Adequacy Ratio (CAR), dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi
Empiris pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Periode 2012-2016)”. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak, CA, CMA, CSRS, CIBA (II) Sulastri, S.Pd., M.SA
Kata Kunci: kebijakan dividen, Capital Adequacy Ratio (CAR), profitabilitas, dan nilai perusahaan.

 

Sebuah perusahaan mempunyai tujuan utama yaitu memaksimalkan nilai perusahaan, dan dalam hal ini peran manajemen sangat penting dalam menentukan nilai perusahaan. Manajemen perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang memiliki pengaruh terhadap perubahan nilai perusahaan sehingga tujuan untuk memaksimalkan nilai perusahaan dapat dicapai. Sesuai dengan signaling theory, informasi yang berkaitan dengan perusahaan merupakan hal penting bagi investor untuk memberikan penilaian terhadap sebuah perusahaan melalui harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebijakan dividen yang diproksikan pada Dividend Payout Ratio (DPR), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan profitabilitas yang diproksikan pada Return on Asset (ROA) terhadap nilai perusahaan yang diproksikan pada closing price. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari laporan keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2012-2016. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Ada 9 sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dividen, CAR, dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini memiliki makna bahwa semakin tinggi kebijakan dividen, CAR, dan profitabilitas, maka semakin tinggi tingkat nilai perusahaan. Informasi mengenai kebijakan dividen, CAR, dan profitabilitas sangat penting bagi investor sebagai alat analisis untuk menilai kinerja perusahaan sehingga perubahan variabel-variabel tersebut akan direspon investor melalui perubahan harga saham.