SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Akuntansi di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung

Siti Anisah

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu pembelajaran pada kelas XI karena adanya kegiatan Praktek Kerja Industri dan didukung rendahnya kemandirian belajar siswa, sehingga berdampak pada pencapaian kompetensi yang kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif terhadap kemandirian dan hasil belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dengan dua metode yang digunakan, yaitu metode pra eksperimen One Group pretest posttest untuk mengukur pengaruh multimedia interaktif terhadap kemandirian belajar, dan metode kuasi eksperimen pretest-posttest non equivalen untuk mengukur pengaruh multimedia interaktif terhadap hasil belajar. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Purposive. Kelas XI KU 1 sebanyak 37 siswa dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI KU 2 sebanyak 38 siswa dipilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar dan angket untuk mengukur kemandirian belajar, serta didukung oleh observasi.

Berdasarkan hasil data dan analisis data yang diperoleh, menunjukkan adanya pengaruh multimedia interaktif terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan kemandirian belajar awal dan akhir pada kelas eksperimen pada Uji T berpasangan. Rata-rata kemandirian belajar awal siswa mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan rata-rata kemandirian belajar akhir lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kemandirian belajar awal siswa. Secara lebih spesifik, peningkatan kemandirian belajar terjadi pada indikator ketidaktergantungan siswa dengan orang lain, disiplin, tanggung jawab dan inisiatif. Hasil uji T independen pada gainscore menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan Rata-rata gainscore kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan menggunakan multimedia interaktif, siswa menjadi lebih aktif dan mudah dalam pengumpulkan informasi. Dengan demikian, penggunaan multimedia interaktif pada pelajaran Akuntansi Keuangan dapat mengatasi masalah keterbatasan waktu, sekaligus dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.