SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pendidikan, Ukuran Usaha, dan Umur Usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi

Hamidah Hasna Huwaida

Abstrak


ABSTRAK

Huwaida, Hamidah Hasna. 2018. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pendidikan, Ukuran Usaha, dan Umur Usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sawitri Dwi Prastiti,S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Pengetahuan Akuntansi, Pendidikan, Ukuran Usaha, Umur Usaha, Penggunaan Informasi Akuntansi.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penggunaan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan usaha yang diakibatkan karena rendahnya pengetahuan pelaku UMKM tentang akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pengetahuan akuntansi, pendidikan, ukuran usaha, dan umur usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kota Malang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 38 responden. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis linier berganda, koefisien determinasi (R2), Uji F, dan Uji t.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan akuntansi, pendidikan, ukuran usaha, dan umur usaha secara simultan berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi. Dan secara parsial, pengetahuan akuntansi, pendidikan, ukuran usaha, dan umur usaha masing-masing berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi.

Keterbatasan penelitian ini adalah kuesioner yang digunakan masih lemah dalam mengukur variabel penggunaan informasi akuntansi. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperbaiki indikator atau mengganti item pertanyaan dengan isian singkat atau esai untuk dapat mengukur sejauh mana pengetahuan akuntansi yang dimiliki pelaku UMKM dan memperbaiki kriteria pengambilan sampel untuk memperkuat hasil penelitian misalnya sampel harus memiliki laporan keuangan dan skala usaha yang cukup besar.