SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Articulate pada Mata Pelajaran Ekonomi (Akuntansi Perusahaan Jasa) Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Ma'arif Lawang

Widya Ayu Kartini

Abstrak


ABSTRAK

ABSTRAK

Kartini, Widya Ayu. 2018. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Articulate Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Akuntansi Perusahaan Jasa) Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Ma’arif Lawang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate, Minat dan Hasil Belajar

Proses belajar mengajar didalam kelas yang baik selalu melibatkan adanya interaksi antara guru dengan siswa, oleh karena itu media pembelajaran sangat penting dalam proses pengajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Ma’arif Lawang, peneliti menemukan permasalahan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi (akuntansi). Guru masih menggunakan media pembelajaran konvensional seperti power point sederhana yang membuat siswa menjadi pasif, bosan dan kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran sedangkan fasilitas yang ada disekolah sebenarnya sudah memadai untuk beralih menggunakan media yang lebih interaktif saat mengajar, peneliti ingin mengujicobakan media pembelajaran yang dianggap lebih sesuai dan efektif yaitu media pembelajaran interaktif berbasis articulate.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain nonequivalent control group design yang dilakukan di SMA Ma’arif Lawang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian berupa data primer yang diperoleh berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest siswa yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, kuesioner dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes dan angket.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) minat belajar kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis articulate lebih baik dan meningkat daripada minat belajar kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan bantuan power point sederhana pada pembelajaran Ekonomi (akuntansi) dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 140,9 dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 128,53. (2) hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif articulate lebih baik dan meningkat daripada hasil belajar kelompok siswa tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif articulate pada pelajaran Ekonomi (akuntansi) dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 51,19 sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata sebesar 42,47. Dari kesimpulan tersebut bahwa teori behavioristik yang menyatakan belajar adalah proses adanya stimulus dan respon dapat terbukti kebenarannya, dimana stimulus yang diberikan oleh peneliti untuk siswa kelas eksperimen yaitu media interaktif berbasis articulate. Sesuai hasil penelitian, maka disarankan kepada guru mata pelajaran Ekonomi (akuntansi) untuk menggunakan media pembelajaran berbasis articulate dalam proses pembelajaran di dalam kelas.