SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penerapan Corporate Social Responsibility di PT. Pindad (Persero)

Dwi Cahyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Fenomena perkembangan isu Corporate Social Responsibility (CSR) cukup dikenal di Indonesia dalam beberapa tahun ini. CSR merupakan pemahaman tentang komitmen untuk menjamin keberlanjutan perusahaan yang tidak hanya berorientasi pada pencapaian laba yang maksimal, namun juga menjaga hubungan yang serasi dan seimbang dengan nilai, norma, budaya masyarakat setempat dan lingkungan. CSR muncul dan berkembang sejalan dengan interelasi antara perusahaan dengan masyarakat yang sangat ditentukan oleh dampak yang timbul dari perkembangan dan peradaban masyarakat.

Dalam penelitian ini, peneliti mengambil objek penelitian pada PT. Pindad (Persero) Turen Malang. PT. Pindad (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri dan manufaktur yang memproduksi dan membuat produk militer dan komersial di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana PT. Pindad memaknai penerapan program CSR. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi dan studi lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari literatur dan dokumen.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam penerapan CSR di PT. Pindad (Persero),motif-motif yang mendasari pelaksanaan CSR mencerminkan keberlakuan teori Egoisme etis yang membuktikan bahwa pelaksanaan CSR di PT. Pindad yang dilakukan secara voluntary mempunyai motif lain yaitu untuk memenuhi kepentingan perusahaan. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya pernyataan-pernyataan dari informan yang menjelaskan bahwa pelaksanaan CSR bukan merupakan kewajiban tetapi memang sudah menjadi budaya perusahaan.