SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK KEPANJEN

Theodorus Tantono

Abstrak


ABSTRAK

 

Tantono, Theodorus. 2017. Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Di SMK Kepanjen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tuhardjo, S.E. ,M.Si., Ak. (II) Sulastri, S.Pd, M.SA

 

Kata Kunci: lingkungan sekolah, motivasi, prestasi belajar

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Kepanjen. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi di SMK Kepanjen.

Asumsi penelitian yaitu (1) perilaku dan minat terhadap pelajaran akuntansi bisa dilihat dari lingkungan sekolah siswa, (2) motivasi yang didapat dari dalam diri (internal) ataupun dari luar (eksternal) mempengaruhi prestasi belajar, dan (3) nilai siswa dalam mata pelajaran akuntansi yang tercantum dalam nilai UAS benar-benar mencerminkan hasil belajar siswa yang bersangkutan.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Kepanjen Talun tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 116 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi, dengan teknis analisis regresi linear berganda. Variabel penelitian antara lain: lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa (X1), motivasi yang didapat siswa (X2), dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh lingkungan sekolahi (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001< α = 0,05.  (2) pengaruh motivasi (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < α = 0,05.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di kelas X jurusan Akuntansi SMK Kepanjen. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa di kelas X jurusan Akuntansi SMK Kepanjen.